bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mie Gomak

Mie Gomak masakan khas Batak Toba

Mie Gomak adalah makanan yang terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah Batak Toba, meliputi semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di Sibolga dan Tapanuli. Mengenai asal usul sebutan untuk menu ini beragam versi.

Cara Pembuatannya:


Bahan-bahan

  1. 1/2 kg mie lidi
  2. Santan (bisa menggunakan 1buah santan kara)
  3. 1 buah telur (optional)
  4. Daun bawang
  5. Garam
  6. Bahan untuk ditumis :
  7. 2 buah sayur labu diiris sesuai selera. Kalau aku diiris tipis memanjang. (Kalau tidak ada bisa diganti dengan 1 ikat sayur sawi atau kol)
  8. 3 siung bawang merah
  9. 1 siung bawang putih
  10. Bahan yang dihaluskan :
  11. 15 buah cabe merah/rawit (sesuai selera suka pedas atau tidak)
  12. 5 siung bawang merah
  13. 1 siung bawang putih
  14. 1 ruas ibu jari kunyit
  15. 1 ruas ibu jari jahe

Langkah

  1. Air kurang lebih 1 liter direbus sampe mendidih. Setelah mendidih, masukkan mie lidi. Sesekali aduk sampe mie nya matang. Tapi jangan terlalu matamg karna nanti akan ditumis, takutnya mie nya terlalu lembek. Setelah mie nya matang, angkat dan tiriskan mie. Cuci mie dengan air bersih. Air hasil rebusan jangan dibuang.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampe harum, kemudian masukkan sayur sampe layu dan matang, masukkan juga 1/2sdm garam. Masukkan mie dan aduk sampe semua tercampur rata. Setelah masak, sisihkan ke dalam wadah untuk mie.
  3. Untuk kuah :
    Tumis bahan yang dihaluskan dengan minyak secukupnya. Aduk sampe matang, kemudian masukkan air hasil rebusan mie dan 1 gelas air. Aduk2 sampe mendidih, kemudian masukkan santan, daun bawang yang telah diiris2 dan telur. Masukkan juga garam secukupnya. Aduk2 supaya santan tidak pecah. Koreksi rasa. Setelah mendidih, masukkan ke wadah.
  4. Mie gomak siap disajikan
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com